7 Tips Trading Saham Untuk Pemula

Hasil gambar untuk trading saham

7 Tips trading saham untuk pemula

Saham merupakan pilihan yang paling populer ketika kita membicarakan mengenai investasi ataupun pengelolaan uang. Terutama bagi para pemula ataupun anak muda zaman sekarang, yang sadar bahwa investasi dan pengelolaan uang merupakan hal yang sangat penting. Artikel kali ini akan membahas mengenai 7 tips trading saham untuk pemula.

Banyak yang memiliki saham karena mereka menganggap bahwa pemilihan saham menjadi hal yang bagus. Karena lebih mudah untuk dipelajari dan juga dipahami resikonya. Selain itu dibandingkan untuk beberapa investasi lain.

Saham juga tidak memerlukan biaya atau modal yang terlalu besar. Namun tahukah anda bahwa ketika memutuskan untuk trading saham. Ada beberapa hal yang harus dipahami terutama untuk investor pemula.

Harga Turun, Tepat untuk Membeli

Teori pertama yang sudah pasti diketahui oleh banyak orang yaitu teori ekonomi yang paling mendasar ketika harga turun. Maka saat itulah anda harus membeli saham tersebut banyak investor pemula yang menganggap bahwa saat harga indeks saham sedang menurun.

Maka hal buruk sedang terjadi sehingga mereka tidak akan melakukan apapun termasuk pembelian saham. Pandangan seperti itu tidak sepenuhnya salah tetapi tidak sepenuhnya benar, memang ketika adanya penurunan harga saham. Maka kondisi sedang tidak baik tetapi bukan berarti anda bisa menyia-nyiakan kesempatan ini.

Karena anda bisa membeli saham yang diinginkan ketika harga tersebut turun sebab jika sedang turun. Maka anda bisa mendapatkan harga yang cukup bagus untuk pembelian. Kemudian ketika nanti tinggi anda bisa menjualnya. Tips ini tidak serta merta sulit, tetapi anda harus memikirkan matang-matang jenis saham apa yang harus dibeli.

Beda Trader dan Investor

Hasil gambar untuk trader

Ketika memutuskan untuk trading saham berbeda dengan investor biasa trading merupakan salah satu kegiatan dengan tujuan mendapatkan profit ataupun keuntungan. Maka hal yang perlu anda ketahui sebagai seorang pemula saat anda memutuskan untuk menjadi seorang trader.

Maka usahakan sebaik mungkin anda mengatur strategi untuk membeli saham ataupun menjual saham, dengan tujuan untung. Karena masih banyak yang salah paham ketika mereka memutuskan untuk menjadi seorang trader. Mereka melakukan pengelolaan uang.

Akhirnya anda hanya menjadi seorang investor yang menyimpan saham dalam waktu yang lama bahkan tidak bisa memanen keuntungan di kemudian hari. Banyak orang mengalami kerugian dan pastinya merasa labil kapan mereka menjadi seorang trader. Kapan menjadi seorang investor hati-hati dalam 2 pilihan tersebut, karena trading saham merupakan sesuatu yang tidak mudah.

Investasikan Uang Sewajarnya

Hasil gambar untuk trader

Hal ketiga yang harus diketahui sebagai salah satu tips untuk trading saham agar sukses yaitu jangan pelit namun juga jangan kebablasan dalam melakukan pengelolaan uang, setelah rekening efek sudah jadi dan aplikasi trading sudah tersedia di laptop ataupun perangkat milik anda.

Selanjutnya jangan lupa atau atau transfer dana ke rekening efek tersebut. Jangan merasa investasi adalah sesuatu yang membebani. Sehingga anda sangat sulit untuk mengeluarkan uang tetapi jangan juga merasa bahwa investasi merupakan hal yang paling menguntungkan. Sehingga anda mengeluarkan semua uang yang dimiliki untuk ditaruhkan dalam sebuah saham.

Apabila anda masih pemula dan baru memulai maka per lembarnya hanya Rp. 50 dan 1 lot dikalikan 100 saja alias Rp. 5.000 sudah bisa membeli satu saham cobalah untuk membeli 80% saham dari total uang yang anda miliki. Tapi ingat total uang yang dimaksud bukanlah uang sehari-hari ataupun untuk bertahan hidup tetapi uang yang memang disediakan untuk investasi atau tabungan dengan begitu jika mengalami loss ataupun kehilangan. Anda masih bisa tetap melanjutkan kehidupan dan tidak bergantung dengan uang tersebut.

Aplikasikan saja cara bermain saham yang bijak dengan menggunakan 10 persen dari total uang kas di rekeningmu. Dengan catatan, itu bukan berasal dari dana darurat. Setiap bulan, lakukan top up dana 10 persen dari penghasilan bulanan untuk membeli saham.

Fokus Satu Saham

Hasil gambar untuk trader

Selanjutnya dilakukan yaitu melakukan konsentrasi anda seringkali membeli banyak saham namun tidak memperhatikan detail masing-masing atau fokus terhadap masing-masing saham. Padahal jika masih pemula ada baiknya untuk melakukan trading secara aman.

Dengan memfokuskan 1/2 produk saham saja. Kemudian melacak pergerakan masing-masing saham tersebut. Jangan merasa paling jago dan pintar dalam mengelola saham tersebut, karena bisa jadi anda kecolongan dan pada akhirnya akan sulit untuk melakukan pelacakan.

Biaya Sekuritas Kecil

Hasil gambar untuk trader

Selanjutnya trading saham yang paling aman dan juga cocok. Bagi para pemula yang baru memulai dunia saham yaitu memilih sekuritas dengan biaya transaksi yang kecil dalam investasi saham, diharuskan membuka rekening efek atau rekening. Dana nasabah khusus yang biasanya difasilitasi oleh perusahaan perusahaan sekuritas ini.

Setelah rekening jadi nantinya anda baru bisa melakukan top up uang ke rekening efek tersebut layaknya mengisi e-money ataupun dompet virtual. Apabila sudah selesai baru setelah itu bisa membeli saham yang diinginkan untuk melakukan trading.

Lalu apa yang dimaksudkan dengan biaya transaksi? Biaya ini dikenakan apabila anda melakukan pembelian dan juga penjualan saham biaya ini masuk kedalam sumber pendapatan perusahaan broker yang bersangkutan. Bisa dikatakan pajak potongan karena sudah memberikan pelayanan kepada anda sebut saja.

Ada sekuritas yang menerapkan biaya 1% untuk pembelian dan 0,5% untuk penjualan ataupun ada beberapa jenis lainnya. Sesuai dengan ketentuan dari perusahaan tersebut jika biayanya makin kecil maka investor juga diuntungkan. Tetapi bukan berarti anda bisa memilih biaya yang paling besar cobalah hati-hati, dalam memilih sekuritas. Agar anda tidak mengeluarkan modal terlalu banyak.

Pilih Saham Consumer Goods

Hasil gambar untuk trader

Tips lainnya yang bisa dilakukan yaitu membeli saham dan juga memilih trading saham untuk consumer goods. Apakah anda tahu produk consumer goods ? Produk ini diberikan khusus bagi perusahaan yang besar dan memproduksi berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga tidak pernah habis atau pun tidak pernah tutup.

Karena perusahaan ini merupakan perusahaan yang sangat bisnis dan juga sederhana. Selain itu produk yang mereka jual merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang tidak akan pernah ada habisnya. Masuk akal bukan, kenapa anda lebih memilih trading saham dengan tipe consumer goods dibandingkan dengan beberapa saham perusahaan lainnya. Kecuali jika tiba-tiba indonesia mengalami krisis ekonomi yang tentu saja di luar dari kendali para trader.

Rutin Akses Perdagangan Harian

Hasil gambar untuk trader

Tips terakhir sukses agar bisa melakukan trading saham dengan aman dan juga nyaman yaitu pengalaman perdagangan harian. Tahukah anda bahwa dengan adanya pengalaman setiap hari maka anda bisa meningkatkan kemampuan ataupun prediksi, kemana arah harga saham bergerak setiap harinya.

Tapi sebaliknya jika anda merasa malas dan tidak pernah memperhatikan pasar saham. Maka efeknya adalah anda sulit untuk membaca kemana arah harga tersebut berjalan. Sebaiknya untuk tidak memilih saham, paling atas ataupun paling bawah karena putarannya bisa menjadi sangat cepat. Semoga artikel tentang 7 tips trading saham untuk pemula ini berguna.